-->

Ad Unit (Iklan) BIG

4 Prinsip Game untuk Hidup Lebih Menyenangkan

Posting Komentar
Daftar Isi [Tampilkan]

Buat kamu yang mungkin sedang bosen jalanin rutinitas hidup, gak punya tujuan baru, hidup gini-gini aja, apalagi setelah pandemik gini kamu males karena di rumah aja jadi gak semangat dan kerjaan gak ada. Saya juga sering ngerasain kayak gitu tapi hidup saya jadi terasa sedikit menyenangkan setelah saya terapin hal-hal yang kayak di game

Kayak saya dulu menganggap dunia ini bukan game tapi ternyata kalo dibikin game saya ngerasa dunia saya jadi lebih seru. Lho, kok, gitu? Saya ambil ini dari seorang penulis Eric Barker dalam bukunya Mendaki Tangga yang Salah, yang nyarinin 4 prinsip games yang disingkat WNGF yang harus dilakukan supaya hidup lebih menyenangkan, apa aja, yuk lanjut baca..

Bisa Dimenangin (Winnable)

Salah satu penyebab hidup kamu gagal terus mungkin game yang kamu mainkan terlalu susah. Kamu harus turunin standarnya.

Penyebab lainnya adalah kamu merasa bosen karena game yang kamu mainkan terlalu mudah. Contoh, saya ngerasa susah main CTR di Nintendo sedangkan ngerasa gampang kalo main PES di laptop, tetapi teman saya sebaliknya. Dia jago bet main CTR tapi main PES ancur-ancuran.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak semua hal dalam hidup kita bisa dimenangin. 

Kenali hal-hal dan aspek-aspek dalam hidup kamu yang bisa di menangin. Mulai nyari kemenangan kecil. Nah, kemenangan kecil inilah yang membuat kamu bakalan terus maju. Kalo menurut kamu sekarang udah enak-enak aja, bikin tujuan lagi yang agak susah tapi tetap bisa kamu menangin. Hidup kamu otomatis punya tujuan baru yang lebih realistis. 

Mulai dari tujuan-tujuan sederhana aja, gak usah muluk-muluk langsung yang tujuan gede, cuk. Malah bikin mumet.

Tantangan Baru (Novel)

Satu teman yang ngeluh karena dulu keseharian dia kuliah dan berorganisasi tetapi setelah demisioner dan sekarang tingkat akhir gak ada kegiatan jadinya bosen dan bingung mau ngapain. Saya menyimpulkan hidupnya lagi kurang stimulasi atau rangsangan baru yang bikin kita tertarik. 

Bikin stimulasi baru, makanya banyak temennya termasuk saya menyarankan dia untuk ikut magang atau nyoba kerja part-time.

Kalo misalnya dulunya kamu udah berada di level atas, jangan dikurangin bebannya, jadinya kan levelnya turun. Cari tantangan baru. Cari pencapaian baru. Kalo di game, cari musuh baru.

Biar kacau dikit hidup kamu. Hehehe.

Ini yang dulu saya rasain pas kerja part-time jadi operator internet cafe, ketika udah beberapa bulan kerja kok jadi bosen, ya, karena udah lumayan mahir, semua terasa lancar. Walhasil, kalo misalnya lagi sepi terus tiba-tiba dimintain tolong nge-print atau nge-scan sama customer malah seneng, apalagi customer yang cantik. Bisa diajak kenalan, terus dikeluarin dari kerjaan karena melanggar aturan. Dengan gitu kan timbul masalah baru yaitu dikeluarin dari kerjaan.

Gak, deng. Jangan gitu, juga.

Tujuan (Goals)

Kalo kata Tyler Cowen, kasih batas waktu Anda untuk mencapai tujuan itu agar mengubah “kekacauan” hidup jadi sebuah kisah yang koheren.

Tyler Cowen, American Economist dan Profesor di Universitas George Mason. Sumber: thoughtcatalog.files.wordpress.com.

Intinya, di setiap kolam yang kamu tentuin untuk mainin permainan kamu, cari tujuan kamu sendiri ketika nyemplung di kolam tersebut.

Misalnya, ketika saya nyemplung kerja di part-time, pasti punya tugas yaitu harus menangani masalah yang dipunyai customer, contoh flashdisk gak masuk, komputer tiba-tiba nge-hang. Kayak kata Tyler Cowen, cari manfaat tugas tersebut untuk diri saya, bukan untuk kantor. 

Setelah nemuin itu, mungkin lu akan lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas tersebut. Seakan lu nemu “mutiara” di dalam kubangan lumpur. Kalo untuk kantor mungkin manfaatnya meningkatkan penjualan dan image kantor tempat saya kerja jadi bagus. 

Nah, buat saya, ningkatin skill saya untuk menangani masalah yang berkaitan dengan komputer sampe saya bisa mengasah kemampuan problem solving saya. Gitu, sih.

Umpan Balik (Feedback)

Poin, hadiah atau reward bahkan hukuman yang langsung dikasih pas main game bikin malah tambah seru, kan. Itu namanya umpan balik atau feedback.

Jadi, umpan balik itu bikin game yang sedang kita mainkan lebih menarik. Kayak contoh di Liga Sepak Bola, tim yang menang dikasih 3 poin, kalo imbang dapet 1 poin, kalo kalah gak dapet poin. Itu membuat semangat, karena kalo udah berjuang dan menang maka tim akan merasa bermakna karena dapet poin lebih banyak. 

Nah, kebermaknaan di sini adalah yang membuat kamu tidak merasa sia-sia sudah meluangkan waktu untuk berjuang. Begitu. Malah, sehabis menang kamu akan cari kemenangan yang lainnya, jadi juara dan tujuan-tujuan lainnya.

Untuk insight lain tentang hidup baca buku Eric Barker: Barking up the Wrong Tree atau Mendaki Tangga yang Salah. Sumber: Forbes.com

Oke, begitu saja postingan 500 kata dari saya kali ini, terima kasih sudah membaca 4 prinsip yang harus dilakukan supaya bikin hidup lebih menyenangkan kayak game, semoga bermanfaat dan ngebantu membuat hidupmu lebih menyenangkan!

Fauzy Husni
Selamat datang di mana pun dan apapun karya saya yang kamu nikmati. Semoga bisa bermanfaat buat kehidupan kamu, ya. Cheers!! :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter